DPRD Bungo Gelar Rapat Paripurna Terkait Penyampaian Rancangan Perubahan KUA dan Rancangan Perubahan PPAS APBD Bungo TA 2024,Dihdiri Lansung Wabup Apri

Bungo38 views

Globalberita.id – Bungo -Wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd,M.M hadiri rapat paripurna DPRD dalam rangka penyampaian rancangan perubahan KUA dan rancangan Perubahan PPAS APBD Kabupaten Bungo tahun 2024.

Rapat tersebut berlangsung di ruang paripurna DPRD Bungo, Kamis pagi (25/07)2024 (tel:25072024)) yang di pimpin langsung oleh Ketua DPRD Bungo Jumari Ari Wardoyo, dan di hadiri oleh anggota DPRD Bungo, unsur Forkompinda, staf ahli Bupati, asisten, kepala OPD, para Kabag, camat, lurah dan para
unsur vertikal.

Selanjutnya ketua DPRD Bungo Jumari Ari Wardoyo dalam sambutannya mengatakan, belanja daerah merupakan salah satu tugas dan fungsi penting DPRD yang dilaksanakan bersama dengan pemerintah daerah dalam proses penyusunan APBD.
DPRD memiliki peran untuk membahas dan memberikan persetujuan terhadap rancangan perubahan PPAS yang diajukan oleh pemerintah daerah dalam rancangan perubahan KUA
Ini dilaksanakan berdasarkan beberapa pertimbangan antara lain.

1.Adanya perubahan kondisi makro ekonomi daerah dan nasional.
2.Adanya perubahan prioritas program dan kegiatan daerah.
3.Adanya penyesuaian target pendapatan dan belanja daerah
4. Serta kebijakan-kebijakan lain yang mengharuskan dilaksanakan perubahan PPAS tahun 2023.

BACA JUGA :  Sepuluh Partai Koalisi Siap Menangkan Jumiwan Aguza – Maidani

APBD Kabupaten Bungo Tahun anggaran 2024 yang diatur dalam undang-undang nomor 17 tahun 2023 tentang keuangan negara serta,  peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2023 tentang pedoman penyusunan APBD Tahun anggaran 2024,  bahwa penyampaian rancangan KUA dan rancangan perubahan ppas oleh kepala daerah kepada DPRD paling lambat minggu pertama bulan Agustus.

Sesuai dengan Pasal 116 ayat 1 peraturan DPRD nomor 1 tahun 2018 tentang tata tertib DPRD sebagaimana telah diubah dengan peraturan DPRD nomor 1 tahun 2020 tentang perubahan atas peraturan DPRD nomor 1 tahun 2018 yang mengamanatkan bahwa pembahasan rancangan perubahan KUA dan rancangan perubahan PPAS dilaksanakan oleh DPRD dengan Kepala Daerah setelah Kepala Daerah menyampaikan rancangan perubahan ruang dan rancangan perubahan ppas yang disertai dengan dokumen pendukung dalam rapat paripurna

Sementara itu Wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Aprianto ,S.Pd.,Tahun anggaran baru 2024 prioritas pelaporan sementara tahun 2024 merupakan proses pendahuluan dari rangkaian tahapan penyusunan perubahan APBD Tahun anggaran 2024.

Hal ini didasarkan pada Permendagri nomor 77 tahun 2020 tentang pedoman teknis pengolahan keuangan daerah perubahan KUA Tahun anggaran 2024 dilakukan sebagai bentuk penyesuaian anggaran terhadap berbagai kebutuhan penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan tepat mengacu pada kemampuan pendanaan sesuai dinamika selama 6 bulan berjalan serta prognosis 6 bulan berikutnya hingga akhir tahun 2024.
Secara umum dapat disampaikan ringkasan proyeksi pendapatan belanja dan pembiayaan daerah pada rancangan perubahan KUA dan PPAS tahun 2024 sebagai berikut.

BACA JUGA :  Gelar Pengajian Umum PCNU Kabupaten Bungo Syukuran dan Pelantikan Pengurus MWCNU Serta Pengurus Ranting Se Kecamatan Rimbo Tengah

1.Daerah diproyeksikan sebesar Rp. 1,38 triliun lebih,  bertambah sebesar Rp. 203,3 miliar lebih, dari paket pendapatan sebelumnya pada APBD tahun 2024 sebesar Rp.1,18.000 (tel:18000).

2. Belanja daerah diproyeksikan sebesar Rp 1,51 triliun lebih bertambah sebesar Rp. 183,86 miliar lebih dari pagu sebelumnya pada APBD induk sebesar Rp 1,32 triliun lebih.

3.Penerimaan pembiayaan berupa sisa lebih perhitungan anggaran tahun sebelumnya sesuai hasil audit BPK RI sebesar Rp 125,16 miliar, lebih kurang sebesar Rp.28,5 miliar lebih yang sebelumnya dianggarkan sebesar Rp.
153,6 miliar.

Media Patner :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

Rejang Lebong