Peran Mahasiswa Teknik Pertanian dalam Memaksimalkan Peluang Usaha UMKM Melalui Inovasi Produk Olahan Hasil Pertanian di Desa Jujun

Globapberita.id – Jambi – Kegiatan KKNT-Membangun Desa merupakakan kegiatan MBKM dan penerapan ilmu yang telah didapatkan mahasiswa dibangku perkuliahan secara langsung diterapkan di tengah-tengah masyarakat. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah ikut dalam kegiatan kemasyarakatan di suatu desa dan dapat berkontribusi. Selain itu program ini bertujuan untuk membuat mahasiswa berfikir dalam memecahkan masalah yang ada di desa, meningkatkan sosialisasi terhadap sesama, berani membuat keputusan dan meningkatkan sifat peduli dengan keadaan sekitar.

Dalam program ini mahasiswa dapat menerapkan kemampuan akademik yang diperoleh dari bangku perkuliahan maupun dari kegiatan diluar perkuliahan. Selain itu, mahasiswa juga dapat menambah pengetahuan, pengalaman, dan wawasan di lapangan. Mahasiswa Teknik Pertanian, Jurusan Teknologi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Jambi merencanakan untuk melaksanakan program Merdeka Belajar Kuliah Merdeka Kuliah Kerja Nyata Tematik (MBKM KKN-T) yang berlokasi di Desa Jujun, Kecamatan Keliling Danau, Kabupaten Kerinci. Kegiatan yang dilaksanakan tim pengabdian yaitu Penerapan Teknologi Pengolahan Pangan Fungsional Berbasis Komoditi Lokal Desa Jujun.

Adapun tim mahasiswa Teknik Pertanian yang tergabung dalam pengabdian ini yaitu Aldita Puperta Ansase dan Alwan Fadhlurrohman.

Pada saat pelaksanaan Pengabdian, tim merancang kegiatan utama dan beberapa kegiatan pendukung. Salah satunya adalah membangun dan melatih sebuah UMKM (UMKM Rhizoma) dalam pembuatan Produk Bubuk Minuman Jahe Instan yang diberi nama “Dapaduii”.

Jahe sendiri merupakan salah satu komoditi yang ada di desa Jujun, Jahe tersebut biasanya dijual dipasaran dengan harga Rp.15.000 saja per kilogramnya, mengingat rendahnya harga jual jahe tersebut menjadi tujuan dari pengabdian ini untuk memanfaatkan dan menciptakan peluang usaha bagi masyarakat khususnya petani untuk mengolah jahe menjadi sesuatu hal yang baru.

Pengabdian ini dilaksanakan dari 21 Agustus – 28 November 2023. Pelatihan pembuatan produk dilaksanakan sebanyak 2 kali dalam seminggu. Dalam Program Kerja tersebut dijelaskan secara detail mengenai cara-cara dan metode untuk mengolah Jahe tersebut menjadi Bubuk Minuman Jahe Instan.

Melalui program ini, harapannya masyarakat dapat memaksimalkan peluang usaha yang ada dengan cara membuka usaha pengolahan Jahe.

Mahasiswa MBKM KKNT Jurusan Teknologi Pertanian melakukan kegiatan pengenalan dan penjualan Produk olahan dari Jeruk Siam Madu dan Jahe dari program kerja KKNT di desa Jujun, produk tersebut merupakan binaan MBKM KKNT, UMKM Rhizoma, dan UMKM Sahiu desa Jujun, produk ditampilkan pada acara Festival Danau Kerinci yang ke-XXI pada tanggal 2-5 November 2023 di Objek Wisata Danau Kerinci.

Bodi Sapriadi, SH selaku pembimbing lapangan dan kepala desa Jujun sangat mendukung program program yang dilaksanakan oleh tim KKNT Desa Jujun. 

“Harapannya dengan program-program yang dilakukan oleh adik-adik mahasiswa disini dapat bermanfaat bagi masyarakat desa Jujun dan juga semoga dengan adanya pengenalan produk tersebut Kerinci akan semakin terkenal terkhususnya desa Jujun” ungkapnya.

Media Patner :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

Rejang Lebong