Dalam Rangka HUT Kota Curup Ke 144 Disdikbud Kabupaten Rejang Lebong Gelar Lomba Kreasi Nasi Ibet

Globalberita.id – Rejang Lebong – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Rejang Lebong menggelar lomba kreasi Nasi Ibet pada Jumat 10 Mei 2024. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian lomba dalam memeriahkan HUT Kota Curup ke-144 tahun 2024. 

Lomba kreasi Nasi Ibet tersebut dilaksanakan di panggung utama HUT Kota Curup, tepatnya di Lapangan Dwi Tunggal Curup. Pesertanya berasal dari jajaran dinas dan instansi di lingkungan Pemkab Rejang Lebong serta masyarakat umum.

Ada 5 kriteria dalam penilaian lomba kreasi Nasi Ibet tersebut, diantaranya cita rasa masakannya, ketepatan penggunaan bahan, kreasi dan kebersihan serta kemasan.

Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Rejang Lebong, Drs. Novrianto, MM menjelaskan dalam bahasa rejang ibet artinya bungkus (kata kerja), tapi pembungkus yang di gunakan biasanya daun. Jadi Nasi Ibet sendiri adalah nasi yang dibungkus dengan daun pisang lengkap dengan lauk pauknya.

“Bisa dikatakan ibet adalah nasi bungkus yang dibungkus dengan daun pisang, di dalam punjung, ibet ini hanya terdiri dari nasi ketan kuning saja yang dibungkus dengan daun pisang dan diletakkan didalam satu wadah punjung tadi. Punjung pun ada yang dinamakan dengan Punjung Masak (Bahannya sudah di masak) dan Punjung Mentah (bahan-bahan mentah dari punjung itu sendiri), ” jelas Novrianto.

Lebih lanjut, Novrianto menjelaskan Nasi Ibet ini merupakan salah satu kebudayaan suku Rejang. Sehingga lewat kegiatan ini pihaknya ingin menjaga dan melestarikan budaya dan adat istiadat yang ada di Rejang Lebong.

“Nasi Ibet ini salah satu ciri khas konsumsi yang ada di tanah Rejang, ” lanjut Novrianto. 

Adapun juri pada lomba kreasi Nasi Ibet ini terdiri dari tiga juri yakni juri pertama Husnul Khatima yang merupakan anggota TP-PKK Kabupaten Lebong, juri kedua Jamilah Gajah Mada dan juri ketiga Sakut Junaidi. Novrianto juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam terselenggaranya lomba kreasi nasi ibet ini. 

“Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh panitia, dewan juri dan para peserta yang telah ikut ambil bagian dalam memeriahkan lomba Nasi Ibet dalam rangka HUT Kota Curup yang ke-144, ” demikian Novrianto.(Salman).

Media Patner :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

Rejang Lebong