BREAKING NEWS: Gunung Marapi di Sumbar Dilaporkan Alami Erupsi Dahsyat Sore Ini

Sumbar, GlobalBerita.id – Telah terjadi erupsi G. Marapi, Sumatera Barat pada tanggal 03 Desember 2023 pukul 14:54 WIB namun tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi sementara ini ± 4 menit 41 detik.

Saat ini G. Marapi berada pada Status (Waspada) Level II dengan memberi himbauan kepada Masyarakat disekitar Gunungapi Marapi dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki Gunungapi Marapi pada radius 3Km dari kawah atau puncak.

Gunung Marapi merupakan gunung aktif yang berada cukup dekat dengan Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi dan Kota Padang Panjang, Sumatera Barat.

Suara dentuman terdengar cukup keras di sekitar Sungai Puar, Kabupaten Agam. “Terlihat awan panas berwarna hitam pekat turut menyertai letusan gunung api tersebut, situasi itu sangat mengagetkan masyarakat sekitar karena peristiwa erupsi Gunung Marapi sudah lama tidak sedahsyat ini,”

Belum diketahui dampak akibat erupsi kali ini, masyarakat diimbau waspada dan diminta segera menjauhi Gunung Marapi. Tetap ikuti arahan petugas di lapangan dan tingkatkan kewaspadaan terhadap erupsi susulan. (Nora Ahmad)

BACA JUGA :  Bupati Pasaman Hadiri Undangan Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW Di Masjid Raya Nagari Alahan Mati

Media Patner :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

Rejang Lebong