Kasrem 042/Gapu Tutup TMMD ke-117 Kodim 0416/Bute TA. 2023

TMMD76 views

Globalberita.id – Bungo – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Kodim 0416/Bute TA. 2023 resmi di tutup Kasrem 042/Garuda Putih Kolonel Inf Kolonel Inf Ali Aminudin, S.E., M.M, Kamis (10/8/2023).

Upacara yang berlangsung di Lapangan Desa Talang Silungko Kecamatan Bathin II Pelayang Kabupaten Bungo, turut dihadiri oleh Dandenpom Jambi Letkol Cpm Anuar Burhanuddin, S.H, Dansatgas TMMD Letkol Inf Evid Nirwan Edward, S.H., M,Si, Dandenkesyah Jambi Letkol Ckm dr. Arwansyah W, Sp. THT., M.A.R.S, Kapolres Bungo yang diwakili Kapolsek Jujuhan Iptu, Bupati Bungo yang diwakili Kepala Dinas PMD Yos Armi, Pasi Bhakti TNI Korem 042/Gapu Mayor Inf Asparizal,
Unsur Forkompinda Kabupaten Bungo, Perwira Staf dan Danramil jajaran Kodim 0416/Bute, Unsur Forkompincam se-Kecamatan wilayah Koramil 416-02/Tanah Tumbuh, Toga, Todat, Tomas Perwakilan Desa Talang Selungko dan Tamu Undangan lainya.

Dalam kesempatan tersebut, Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf Kolonel Inf Ali Aminudin, S.E., M.M yang bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) membacakan amanat Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han.

Dalam amanatnya, Pangdam II/Sriwijaya menyampaikan TMMD ke-117 dilaksanakan secara serentak Di 5 (lima) Kabupaten dan kota, yaitu Bengkulu wilayah Korem 041/Gamas, Kabupaten Bungo wilayah Korem 042/Gapu, Kabupaten Lampung Utara dan Lampung Timur Wilayah Korem 043/Gatam serta Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) wilayah Korem 044/Gapo.

“TMMD Ke-117 TA. 2023 merupakan program yang dilaksanakan lintas Sektoral dengan melibatkan Pemda, Polri, instansi terkait dan masyarakat setempat yang bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah guna mempercepat akselerasi pembangunan di Daerah, terutama membangun insfrastruktur, membuka daerah yang terisolir dan tertinggal guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta untuk kepentingan pertahanan dan tetap terpeliharanya Kemanunggalan Tni-rakyat. Hal Ini selaras dengan tema yang diangkat yaitu ”Sinergi Lintas Sektoral mewujudkan Kemanunggalan TNI – Rakyat Semakin Kuat”, Ujar Pangdam dalam amant tertulisnya.

“Kebersihan TMMD ke-117 yang dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan baik dari segi sasaran fisik dan non fisik yang hasilnya dirasakan oleh masyarakat tidak lepas dari dukungan pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota serta segenap elemen masyarakat. Oleh karena Itu, selaku pengendali kegiatan Operasional TMMD saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para Gubernur serta Forkopimda Provinsi, Kapolda beserta Jajarannya, Bupati, Walikota, beserta Forkopimda Kabupaten dan Kota, instansi Kementerian terkait dan khususnya kepada seluruh masyarakat yang telah bahu-membahu bersama Prajurit TNI mewujudkan pembangunan daerah yang menjadi sasaran pelaksanaan TMM Ke-117 Tahun 2023 Ini”.

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan, “semangat kebersamaan serta gotong-royong yang terpancar di setiap wajah dan cucuran keringat masyarakat serta aparat yang bersama-sama bekerja dilapangan hal Ini menjadi Refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen Bangsa yang memiliki Visi, Misi dan tujuan bersama guna mengatasi berbagai persoalan kesejahteraan masyarakat”.

“Semangat kebersamaan seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari Kemanunggalan TNI dengan rakyat, yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara. Ke manunggalan ini merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan bangsa yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahanan Nasional yang kokoh”.

“Mewakili seluruh Prajurit dan Satgas TMMD Ke-117, Saya memohon maaf apabila selama pelaksanaan TMMD ada tingkah laku dan tindakan yang kurang berkenan di hati masyarakat. Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan petunjuk dan lindungan-Nya kepada kita semua dalam melanjutkan pengabdian kepada Bangsa dan Negara”.

Diakhir amanat tertulisnya Pangdam berpesan agar kebersamaan dan Kemanunggalan TNI- Polri-Rakyat jangan mudah terprovokasi oleh pihak manapun yang bertujuan untuk merusak Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

“Tingkatkan semangat untuk bekerja dan membangun bersama sebagai realisasi semangat gotong-royong yang merupakan warisan asli budaya Bangsa kita. Pelihara hasil-hasil program TMMD Ke-117 Ini dengan sebaik-baiknya agar manfaatnya dapat dirasakan dalam kurun waktu yang lama”, pungkas Pangdam dalam amanat tertulisnya.

Selain penyerahan bingkisan kepada warga prasejahtera, Kasrem 042/Gapu didampingi Dansatgas serta Forkopimda meninjau pengobatan masal dan sasaran fisik TMMD, meninjau pembukaan jalan usaha tani, Rehab MCK dan Tempat Wudhu Musollah Ar-Rahman, menyerahkan kunci secara simbolis hasil bedah RTLH, meninjau Rehab SD Negeri 57/II Talang Silungko serta meresmikan Sumber Air Bersih.

Media Patner :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

Rejang Lebong