Bupati Bungo Dan Dinas TPHP-Bun Hadiri Pra-Penas Di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan

Adv, Berita, Bungo76 views

Globalberita.id – Sulawesi Selatan – Bupati Bungo Ditemani Ketua TP PKK Kabupaten Bungo beserta kepala dinas terkait dan istri menghadiri Pembukaan Pra-Penas (Pekan Nasional) Petani dan Nelayan di Lapangan Pallantikang, Kompleks Perkantoran Bupati Maros, Sulawesi Selatan yang akan berlangsung 25-27 Juni 2022.

Penyelenggaraan kegiatan Pra-Penas 2022 dibuka secara resmi oleh Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, dengan mengusung tema “Memantapkan Penguatan Komoditi Lokal Untuk Kemandirian Pangan”.

Turut hadir pada acara pembukaan Pra-Penas di Maros yaitu Bupati Bungo, Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur, Ketua dan Sekretaris KTNA Provinsi Jambi serta beberapa peninjau, pendamping dan peserta utama masing-masing Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi.

Pra-Penas tahun 2022 menghadirkan 5.000 peserta yang berasal dari 33 provinsi yang diisi dengan beberapa rangkaian kegiatan antara lain : rembuk utama, temu wicara, temu profesi, dan pameran serta promosi produk UMKM yang berasal dari tiap daerah, kabupaten, dan provinsi.

Pra-Penas merupakan pertemuan antara petani nelayan dan juga sebagai wadah belajar mengajar, bertukar informasi dan berbagi pengalaman serta pengembangan kemitraan.

BACA JUGA :  Gelar Pengajian Umum PCNU Kabupaten Bungo Syukuran dan Pelantikan Pengurus MWCNU Serta Pengurus Ranting Se Kecamatan Rimbo Tengah

Melalui Pra-Penas diharapkan dapat membangkitkan semangat, tanggung jawab, serta mandiri sebagai pelaku utama pembangunan, pertanian perikanan dan kehutanan, dapat membangkitkan semangat, tanggung jawab, serta kemandirian sebagai pelaku pertanian, perikanan dan kehutanan.

Bupati Bungo H. Mashuri menyampaikan bahwa peserta utama yang diberangkatkan, adalah petani yang berhasil diseleksi sesuai kriteria yang disepakati dengan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Bungo.

Dalam kegiatan Bupati Bungo tersebut beras asal Kabupaten Bungo kepada panitia yang di tunjuk dalam agenda tersebut.

“Pra-Penas yang dilaksanakan di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan bertujuan untuk mempersiapkan pelaksanaan dan merancang kegiatan Penas XVI Tahun 2023 di Kota Padang Sumatera Barat,” ujarnya.

Agenda utama Pra-Penas ini lanjut Bupati, meliputi konsolidasi antarpetani dan nelayan, pengembangan diri, tukar menukar informasi, apresiasi, kemitraan dan promosi hasil, hingga membahas potensi perikanan dan kehutanan dari setiap daerah se-Indonesia.

Salah satu tujuan digelarnya pra-penas KTNA Tahun 2022 atau (Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan) ini adalah untuk memotivasi dan menggairahkan, petani hutan serta masyarakat pelaku agrobisnis dalam pembangunan sistem dan usaha yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan.” menambahkan.

Media Patner :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

Rejang Lebong