H.Mashuri.SP.ME Bupati Bungo : Hadiri Rancangan Gerakan Batanghari Bersih

Globalberita.id – Bungo – Bupati Bungo H Mashuri turut menghadiri acara Pencanangan gerakan batanghari bersih, di depan rumah dinas gubernur Jambi, Rabu (9/3/2022).

Kegiatan itu sekaligus Penandatanganan MoU terkait komitmen gerakan batanghari bersih yang diikuti seluruh kepala daerah se- Provinsi Jambi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Hj. Sri Argunaini mengatakan dalam rangka meningkatkan indeks kwalitas air sungai batanghari. Hari ini indeks kwalitas air sungai batanghari berada di tingkat 48,98 persen pada pengecekan tahun 2021.

Direktur pengendalian pencemaran air Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan, Dra. CH. Nety Widayati, MT. menyebut beberapa titik pengecekan yang dilakukan hasilnya hampir semuanya menunjukkan air sungai batanghari dalam kondisi mutu cemar ringan.

Bupati Bungo Bersama Gubernur Jambi

“Mulai sekarang kita ubah perilaku terhadap air sungai batanghari agar kualitasnya menjadi lebih baik dan bisa dimanfaatkan oleh orang banyak,” ungkapnya.

Sementara Gubernur Jambi Dr H. Al Haris dalam sambutannya mengatakan sungai batanghari memiliki histori yang sangat luar biasa bagi masyarakat provinsi Jambi.

BACA JUGA :  Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW Di Majid Nurul Yaqin Dusun Tanjung Belit Dipadati Masyarakat

Sejak abad 7 lalu sungai ini sudah menjadi peradaban, jalur perdagangan, pertahanan, sejarah dan lain sebagainya. Panjang sungai batanghari 870 KM. 76 persennya melintasi wilayah provinsi Jambi, selebihnya melintasi provinsi Sumbar dan Riau.

“Saya dan kita semua yang ada disini minum air sungai batanghari. PDAM itu menggunakan air sungai batanghari dan anak sungai yang juga mengalir ke batanghari. Akankah kondisi ini kita biarkan terus tercemar, tentunya tidak, “ucapnya.

Terkait hal ini, harus diambil langkah dari sekarang. Sungai batanghari harus kita selamatkan. Kalau tidak diambil tindakan dari sekarang nantinya apa kata anak cucu di masa mendatang.

“Mereka tau bahwa kita membiarkan kondisi air sungai batanghari tercemar dari dulu. Tercemarnya sungai batanghari juga berasal dari anak-anak sungai di sejumlah daerah yang mengalir ke sungai batanghari,”katanya.(Adv).

Reporter. : Muhammad Kodri

Media Patner :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

Rejang Lebong